IMG-LOGO
Disperinaker Bangkalan Gelar Workshop Ekonomi Kreatif
22 Okt 2018
By admin | 22 Okt, 2018 | Kegiatan |

Disperinaker Bangkalan Gelar Workshop Ekonomi Kreatif

DINAS Perindustrian dan Ketenagkerjaan (Disperinker) Kabupaten Bangkalan menggelar Workshop dan Soialisasi Indonesia Trend Forecasting. Acara yang bekerjasama dengan DPR RI Komisi X itu diselenggarakan di Aula Disperinker, Selasa (15/05/2018).

Kepala Disperinaker Bangkalan, Amina Rachmawati menyampaikan kegiatan yang diselenggarakan lembaganya itu bagian dari proteksi terhadap pelaku IKM di Kabupaten Paling ujung barat Madura ini. Dikatakan, Pemerintah menginginkan pelaku IKM memiliki wadah untuk kekreatifan mereka. “Jadi tidak hanya sekedar bergelut di bidang usahanya melainkan harus lebih maju lewat program sosialisasi ini,"katanya saat ditemui usai acara.

Selain itu, sambung Amina, pasca kegiatan yang difasilitasi oleh anggota DPR RI asal Kabupaten Bangkalan itu diharapkan mampu memberikan pemahaman lebih terhadap pegiat IKM. Mereka juga diharapkan lebih mandiri dalam menjalankan usahanya. “Terutama kegiatan yang sudah mereka lakukan dapat berkelanjutan. Tidak hanya sifatnya sementara. Ini tujuan utama kami,” ungkapnya.

Ada sekitar 200 pelaku IKM yang hadir dalam acara tersebut. Mereka terdiri dari pelaku usaha di semua sektor. Amina juga menegaskan dengan keterbatasan yang ada, pelaku IKM harus mampu berkembang dan bersaing hingga ke pasar bebas. 

Sementara Anggota DPR RI Komisi X Nizar Zahro menyatakan, kegiatan yang dimotorinya itu merupakan bagian dari badan ekonomi kreatif. Lembaga ini, kata Nizar, telah dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 6 tahun 2016. Menurutnya, salah satu tugas badan ekonomi kreatif adalah memberikan motifator dan inisiator terhadap pelaku ekonomi. 

“Tetapi untuk Bangkalan dan Sampang yang merupakan dapil saya, baru dua kali menyelenggarakan kegiatan ini. Makanya kami memberikan informasi secara utuh tentang ekonomi kreatif ini,” katanya.

Nizar berharap lewat kegiatan ini pelaku ekonomi kreatif dapat mengembangkan produknya lebih maju. “Untuk itu, beberapa konsep yang telah dirancang akan dimaksimalkan,” pungkasnya. (eko/mas)