IMG-LOGO
Disperinaker Bangkalan Sosialisasikan Norma Ketenagakerjaan
22 Okt 2018
By admin_disperinaker | 22 Okt, 2018 | Kegiatan |

Disperinaker Bangkalan Sosialisasikan Norma Ketenagakerjaan

TENAGA kerja memiliki peran dan kedudukan yang sangat penting dalam pembangunan, baik sebagai pelaku maupun tujuan dari pembangunan itu sendiri.

Tak hanya pekerja, perusahaan pun juga harus mengerti tentang norma ketenegakerjaan. Untuk itu Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bangkalan gencar melakukan sosialisasi tentang Norma Ketenagakerjaan.

"Untuk melindungi pekerja agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tutur Kepala Disnperinaker melalui Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Titin Suhartini. 

Titin sapaan akrabnya menambahkan, dasar sosialisasi norma ketenagakerjaan ini ialah berangkat dari kegelisahan untuk melindungi hak dan kewajiban perusahaan dan pekerja.

"Jika pekerja dan perusahan tidak mengerti norma ketenagakerjaan maka perusahan tidak membuat Peraturan Perusahaan (PP)," Tuturnya usai sosialisasi norma ketenagakerjaan di Aula Hotel Ningrat, Jum'at (21/09/2018).

Titin mengungkapkan bahwa PP adalah kesepakatan-kesepakatan antara pekerja dan perusahaan yang harus dibuat sebagai dasar kontrak kerja.

"Jadi kami sebagai Dinas perindustrian dan tenaga kerja hanya mengesahkan apa yang telah disepakati oleh perusahaan dan pekerja." terangnya.

Titin Suhartini juga mengungkapkan, tidak semua perusahaan di Kabupaten Bangkalan memiliki P. Maka dari itu pihaknya tak henti-hentinya melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis. 

"Sosialisasi kali ini pesertanya hanya 60 perusahaan. Saat kita tanya kok belum buat PP, alasan mereka variatif, tapi kita himabau agar segera membuat," tutupnya. (eko/mas)